Macam - macam antenna jaringan dan fungsinya

     1.) ANTENA OMNI
 Fungsi antena ini adalah melayanai coverage area yang luas namun dalam jangkauan pendek. Karena antena omni menjangkau area yang luar, besar kemungkinan akan terkumpul juga sinyal lain yang sama sekali tidak dikehendaki.
Dengan demikian, antena omni akan menyebabkan interferensi. Namun antena ini cocok bila dipergunakan untuk koneksi hotspot atau dikenal dengan sistempoint to multipoint atau satu titik ke banyak titik.

2.)Antena Yagi
Antena Yagi adalah jenis antena radio atau televisi yang diciptakan oleh Hidetsugu Yagi. Antena ini dilengkapi dengan pengarah dan pemantul yang berbentuk batang. 
3.)Antena Rocket 
Fungsi nya point-to-point memiliki jangkauan sinyal yang jauh,produk wireless ubiquiti.menggunakan radio rocket M5,cara settinganya menggunakan browser.  
     4.)ANTENA WajanBolic
Fungsi dari antena wajanbolic sebenarnya hanya memperkuat sinyal wireless dari HOTSPOT yg karena letaknya terlalu jauh,tidak bisa lagi ditangkap oleh “USB Wireless ADAPTER” bila hanya ditancapkan begitu saja di port USB PC atau laptop.

5.)Antena Parabolik
Antena Parabolik (Solid Disc) : memiliki fungsi dan frekuansi yang sama dengan antena grid, tetapi antena ini memiliki jangkauan lebih jauh dan lebih fokus  dibandingkan antena Grid. Antena Solid Disc biasanya digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh.
 6.)Antena Flat
Fungsinya sama seperti antena grid yaitu memfokuskan ke satu titik.antena ini hanya di gunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang jauh,karena frequency nya kecil.
7.)Antena Grid
Fungsinya adalah dimana antenna ini adalah menerima dan mengirim signal data dengan sisitem gelombang radio 2,4 Mhz.Dimana data tersebut bisa dalam bentuk intranet atau internet.

Comments

Popular Posts