Contoh Naskah Drama 8 Orang

TEMA : SOSIAL

JUDUL : KEPEDULIAN TERHADAP KONDISI SEORANG SAHABAT

LATAR TEMPAT : SEKOLAH , RUMAH MAYA

LATAR WAKTU : PAGI, SIANG, SORE

AMANAT : PENTINGNYA MEMILIKI KEPEDULIAN TINGGI TERHADAP SESAMA SAHABAT, TERMASUK KETIKA SAHABAT KITA SEDANG SAKIT


PEMERAN & PERWATAKAN :

RATNA : Baik

SILVI : Kurang perduli teman

LUSI : Baik

RARA : Kurang perduli teman

MAYA : Sedang sakit

GILANG : Baik

GALIH : Pendiam, Baik

IBU MAYA : Baik, Sopan

PERMASALAHAN:

Maya sedang jatuh sakit, dan Ratna meminta persetujuan teman-temannya untuk menjenguk Maya dirumahnya sebagai bentuk dari jiwa sosial serta rasa bertanggung jawab terhadap seorang sahabat.

KOMPLIKASI:

Dari ketujuh orang sahabat, dua diantarnya tidak setuju untuk menjenguk keadaan Maya yang sedang sakit. Dua temannya tersebut adalah Silvi dan Rara. Mereka berdua menganggap, bahwa menjenguk keadaan Maya yang sedang sakit tidaklah penting.

SOLUSI:

Gilang berhasil menyadarkan Silvi dan Rara tentang pentingnya memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama sahabat, termasuk ketika dia sedang sakit. Silvi dan Rara akhirnya bersedia menjenguk Maya.



ADEGAN I



Ratna : “Apa kalain setuju kalau kita berkunjung ke rumahnya Maya besok sore?”

Lusi : “Aku setuju, sepertinya besok aku tidak ada acara apa-apa.”

Ratna : “Bagaimana dengan kalian, apa kalian setuju juga?”

(Dari enam orang bersahabat, hanya Silvi dan Rara yang bersikap aneh.)

Galih : “Iya, aku setuju aja. Sebaiknya kita memang berkunjung ke rumah maya besok saja, tidak usah ditunda-tunda.”

Gilang : “Oke, aku akan siap-siap besok sore.”

Ratna : “Kalau kamu bagaimana, Silvi? kamu juga ada waktu kan besok sore?”

(Silvi tidak bisa berjanji akan ikut Ratna dan teman-teman lainnya kerumahnya Maya.)

Silvi : “Aku belum tahu, lihat besok ya.”

Rara : “Aku tidak ikut, kalian saja yang pergi kesana.”

(Ratna pun bertanya, kenapa Silvi dan Rara tidak mau menjenguk Maya.)

Ratna : “Kenapa kamu tidak ikut? kamu tidak merasa bersalah sudah tahu ada teman yang sakit kamu malah tidak menjenguknya?”

Galih : “Iya, benar kata Ratna itu. Teman kita kan sakit, kenapa kita tidak menjenguk?”

Silvi : “Namanya juga manusia, pasti ada waktu dimana dia akan mengalami sakit. Aku juga sama seperti Maya dan orang lain pada umumnya.”

Ratna : “Iya, tapi kita kan teman. Kalau ada diantara kita yang sedang sakit, maka kita wajib menjenguknya.”

(Silvi dan Rara terus bersikap seperti orang asing, dan bukan seorang sahabat.)

Rara : “Ya tapi kalau tidak ada waktu kan tidak wajib juga.”

Lusi : “Waktu itu kita yang menentukan. Kalau kalian menganggap Maya itu penting, pastinya kamu punya waktu luang.”

Rara : “Kamu ngomong aja gampang!”

Silvi : “Iya, kalau ngomong saja mudah.”

(Ratna pun semakin bingung dengan kedua temannya itu.)

Ratna : “Maksud kalian bagaimana? ngomong saja mudah bagaimana? ini kan cuma niatan untuk menjenguk seorang sahabat yang sedang sakit, apa iya kalian tidak punya waktu luang sedikitpun?”

(Lusi mencoba ikut menyadarkan Rara dan Silvi tanggung jawab seorang sahabat.)

Lusi : “Iya, benar itu. Mana mungkin waktu sebentar untuk menjenguk sahabat saja tidak ada.”

Rara : “Hemmm.... aku belum bisa ngasih jawaban.”

Ratna : “Kalau kamu, Sil?”

Silvi : “Aku malas. “

(Ratna semakin tidak mengerti dengan sikap aneh Silvi.)

Ratna : “Malas? bisa-biasanya kamu bilang malas? kamu tidak merasa punya teman ya?”

Silvi : “Ya merasa, tapi kan bukan berarti aku harus melakukan apa saja demi dia.”

Ratna : “Melakukan apa? kita kan cuma harus menjenguk dia dirumahnya karena saat ini dia sedang sakit. Itu saja.”

Silvi : “Ya, tapi aku kan lagi malas. Kenapa harus memaksakan diri kalau sedang malas.”

Lusi : “Kalian harusnya tahu apa arti persahabatan itu. Jika ada salah satu diantara kita yang sedang mengalami kesedihan ataupun sakit, maka kita harus menjadi obat baginya, dan bukannya bersikap seperti orang asing.”

(Rara dan Silvi terdiam... Kemudian, Gilang berhasil menyadarkan Rara dan Silvi.)

Gilang : “Tahukah kalian, apa yang membedakan kita dengan makhluk lain? apakah bentuk fisiknya saja atau sifatnya?”

(Rara dan Silvi meraba-raba dalam hati apa yang dimaksud oleh Gilang. Kemudian mereka menjawab.)

Rara : “Sifatnya yang membedakan.”

Gilang : “Kalau menurut kamu, Sil?”

Silvi : “Iya, sudah pasti sifatnya.”

Gilang : “Kalau kalian sudah tahu, bahwa yang membedakan manusia dengan makhluk lain itu adalah sifatnya, maka seharusnya kalian paham bahwa manusia dalam hal ini seorang sahabat itu harus memiliki rasa sosial kepada sahabat kita yang sedang sakit.”

(Rara dan Silvi terdiam.. kemudian mereka sadar diri.)

Rara : “Iya, benar kata kamu, lang.”

Silvi : “Iya juga ya.. Maya itu kan sahabatku, jadi aku harus menjenguknya karena dia sedang sakit. Siapa tahu dengan kedatanganku keadaan dia bisa membaik.”

(Ratna terlihat senang sekali dengan sikap Rara dan Silvi yang akhirnya sadar diri.)

Ratna : “Seperti itu baru sahabat sejati namanya.”

Gilang : “Oke, sampai ketemu besok dirumah Maya. Semoga keadaan Maya akan semakin baik dengan kedatangan kita besok.”

Semua : “Okay, semoga saja.”





ADEGAN II



(Ke esokan harinya sepulang sekolah merekapun berkumpul di salah satu kelas)

Ratna : “Apa kalian sudah menyisihkan uang saku kalian untuk membeli sesuatu untuk menjenguk Maya ?”

Lusi : “Udah na.”

Ratna : “Kalian masukin ajah uangnya ke kotak yang udah aku sediain.”

Gilang : “Ratna bagaimana kalo uang ini yang setengah kita sisihkan untuk berobat maya dan yang setengahnya lagi untuk membeli sesuatu”

Ratna : “Kalo memang itu yang terbaik aku setuju lang. bagaimana dengan Lusi?”

Lusi : “Aku setuju kok na, malah setuju banget dengan usulan gilang”

Ratna : “Kalo kamu lih ?”

Galih : “Ya aku juga setuju dengan usulan Gilang”

Ratna : “Kalo kalian bagaimana silvi dan Rara?”

Silvi : “Aku lagi Boke”

Rara : “Aku juga belum di jatah sam ibu aku na”

(Ratna heran dengan sikap mereka yang kemarin sudah mau menjenguk, tetapi sekarang tidak mau menyisihkan uang saku mereka untuk maya)

Ratna : “Aku heran dengan sikap kalian kenapa kalian ngga mau menyisihkan uang saku kalian untuk menjenguk maya?”

Silvi : “Eh Ratna emang harus ya aku menyisihkan uang aku buat menjenguk Maya? Ngga kan?”

Rara : “Iya betul kata Silvi apa harus si na?”

Ratna : “Kan aku Cuma pengen kalian menyisihkan uang kalian buat menjenguk maya, apa iya si kita menjenguk maya hanya membawa tangan kosong? Ngga mungkin kan?”

Lusi : “Ratna benar Silvi Rara, apa iya si kita menjenguk sahabat kita dengan tangan kosong?”

(Silvi mendekati ratna dan memarahi Ratna)

Silvi : “Ehh Ratna jadi orang tuh ngga usah maksa ya ! jangan-jangan kamu Cuma memeras kita-kita ajah. Kata-katamu juga kaya orang bener ajah, SO PAHLAWAN !”

Ratna : “Silvi kalo ngomong tuh dijaga ya, aku tuh Cuma ngajak kalian buat njenguk temen kita maya, dia tuh lagi sakit, dan sakitnya tuh belum sembuh-sembuh ! sudah 2 minggu dia sakit, apa kamu ngga ada perasaan sedikitpun rasa sosial kamu terhadap teman kita?”

Silvi : “Emang aku pikirin mau dia sakit 2 minggu ke 1 bulan ke. Aku ngga perduli !”

Ratna : “Bener-bener yah kamu tega ngomong kaya gitu ke teman kita sendiri (Ratna pun hanya bisa pasrah dengan kata-kata Silvi dan dengan sikap Silvi dan tiba-tiba dia menangis)

(Gilang pun geram dengan sikap Silvi dan kata-kata Silvi terhadap Ratna)

Gilang : “Eh silvi kalo kamu ngga mau menyisihkan uang saku kamu ya udah ngga papa, toh juga kita-kita masih bisa njenguk maya dengan mengumpulkan uang saku teman-teman yang lain. Tapi cara kamu salah, ngga semestinya kamu bentak-bentak Ratna dengan kata-katamu yang kasar itu !”

(Lusi pun merangkul Ratna)

Lusi : “Benar kata Gilang dan Silvi, kalo kamu ngga mau ya sudah kita ngga papa kok, tapi ngga seharusnya kamu bentak-bentak ratna !”

Silvi : “Eh ngga usah banyak omong deh kalian. Aku yang ngga mau dan kalian bilang ngga papa kenapa kalian yang repot si? dan bela-belain ratna segala?”

Lusi : “Karna ratna adalah teman kita yang baik dan perduli terhadap sahabat. Ngga kaya kamu yang ngga pernah perduli terhadap sahabat !”

(Silvi geram dengan kata-kata Lusi yang membuat hati Silvi marah,tersindir dan Silvi ingin sekali menampar Lusi tapi dengan cepat Ratna menahan tangan Silvi)

Ratna : “Apa-apaan kamu silvi. Kamu tuh temen kita tapi kenapa kamu bersikap aneh seperti ini !”

Silvi : “Jaga tuh mulut kamu Lusi, dan kamu juga ratna.” (silvi pun pergi meninggalkan teman-temannya)

Ratna : “Kamu mau kemana silvi ?”

Lusi : (Lusi menahan ratna) “Biarin ajah silvi pergi na, dasar monster galak”

Silvi : (Silvi hanya terdiam dan berlari)

(Akhirnya mereka membiarkan Silvi pergi)

Ratna : “Ya sudah kalo memang Silvi ngga bisa ngga papa. Mungkin Silvi ada masalah atau apa, besok aku tanya ke anaknya saja”

Lusi : “Sudahlah Ratna ngga usah diperdulikan Silvi, toh dia juga ngga perduli dengan maya”

Ratna : “Ngga papa Lusi dia kan teman kita. Oya bagaimana dengan kamu Rara apa kamu mau menyisihkan uang kamu untuk menjenguk Maya? Kalo memang tidak bisa ngga masalah, aku ngga memaksa kok, asalkan kamu mau ikut kita aku udah seneng kok”

Rara : “Aku mau kok Ratna”

Ratna : (Ratnapun tersenyum) “Alhamdulillah, makasih ya Rara”

Rara : “Ya sama-sama Ratna”

Galih : “Ya udah berangkat sekarang ajah takutnya nanti keburu sore”

Gilang : “Benar kata galih rat, lebih baik kita berangkat sekarang ajah”

Ratna : “Ya udah kita berangkat sekarang ajah, tapi nanti kita mampir ke warung bentar ya buat beli sesuatu”

Semua : “Iyya Ratna”



ADEGAN III



(Merekapun berangkat bersama-sama kerumah Maya dan sampai di rumah maya)

Semua : “tokk…tookk….tokkk… Assalamu’alaikum”

Ibu Maya : (tiba-tiba yang membuka pintu ibu maya) “Wa’alaikum sallam… wahh kalian, teman-teman maya ya, silahkan masuk nak”

(Merekapun duduk di ruang tamu)

Ratna : “Iyya bu terimakasih, iyya bu kami teman-teman maya. Bagaimana dengan keadaan maya bu?”

Ibu Maya : “Maya sudah lumayan sembuh nak, tapi kata dokter maya belum bisa berangkat sekolah.”

Lusi : “Kenapa maya belum bisa berangkat sekolah bu?”

Ibu Maya : “Maya masih panas, dan masih lemas”

Rara : “Memangnya Maya sakit apa bu?”

Ibu Maya : “Maya terserang Gejala DBD” (Ibu Maya terlihat sedih)

(Teman-teman pun kaget dan terlihat sedih)

Ratna : “Astaghfirulloh yang sabar ya bu,semoga maya cepat-cepat sembuh”

Ibu Maya : “Ya nak terimakasih untuk doanya”

Galih : “Kalo boleh kami tau sekarang maya ada dimana bu?”

Ibu Maya : “Maya sedang ada dikamar nak”

Gilang : “Apa kami boleh menjenguk dan berbicara sama maya buk?”

Lusi : “Ya buk kami ingin sekali bertemu dengan maya”

Ibu Maya : “Iya boleh nak, Mari ikut ibu”

(Merekapun mengikuti Ibunya Maya menuju kamar Maya)

Ibu Maya : “tokkk…tokkk….tokkk…. Maya apa ibuk boleh masuk? Ini ada temen kamu”

Maya : “Boleh buk, masuk saja”

Ibu Maya : “Kalian masuk saja ibuk mau ke belakang, mau buat minum buat kalian”

Gilang : “Tidak usah repot-repot buk”

Ibu Maya : “Tidak apa-apa nak, seharusnya ibu yang merepotkan kalian”

Gillang : “Tidak buk, justru kami khawatir dengan keadaan maya Yang sudah 2 minggu tidak masuk ke sekolah, dan itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai sahabat untuk menjenguk teman kita yang sedang sakit”

Ibu Maya : “Maya beruntung mempunyai sahabat seperti kalian, kalian memang teman yang baik. Ibu salut sama kalian semua”

Semua : “Terimakasih bu” (Merekapun tersenyum)”

Ibu Maya : “Ya sudah kalian masuk saja”

Semua : “Iyya buk”

(Mereka pun masuk ke kamar maya, dan maya pun tidak menyagka kalau yang datang adalah sahabat-sahabatnya)

Maya : “Ratna, Lusi, Rara, Gilang, Galih. Kalian kesini kapan”

Ratna : “Baru sampai maya, tadi juga sempet ngobrol-ngobrol sama ibu kamu”

Lusi : “Gimana keadaan kamu maya”

Maya : “Udah lumayan enakan Lus”

Galih : “Kamu sakit apa maya”

Maya : “Cuma demam biasa kok lih”

Rara : “Ciyee Galih tanya-tanya terus, kangen ya sama maya?”

(Maya dan Galih hanya senyum-senyum)

Maya : “Silvi ngga ikut na?”

Ratna : (Ratna terdiam)

Lusi : “Ngga may dia berubah”

Maya : “Berubah gimana Lus?”

Lusi : “Dia berubah jadi monster tergalak di sekolahan”

Ratna : “Lusi ngga boleh ngomong kaya gitu, dia kan sahabat kita”

Lusi : “Loh emang bener kan, buktinya ajah dia bentak-bentakin kamu ngga jelas, sampe-sampe aku mau ditampar, untung ajah kamu langsung cepet-cepet megang tangan dia. Oya makasih ya na kamu tadi udah nolongin aku”

Ratna : “Ya sama-sama lusi. Tapi kamu ngga boleh ngomong kaya gitu mungkin dia lagi cape atau lagi ada masalah atau juga yang lainnya”

Lusi : “Ya maaf-maaf”

Maya : “Kok dia aneh gitu ya na?”

Ratna : “Aku juga ga tau may, niatnya besok aku mau nanyain silvi”

Maya : “Salam ya na buat Silvi”

Ratna : “Ya besok aku sampein kok may. Ngomong-ngomong kamu mulai masuk sekolah kapan may?”

Maya : “Belum tau na”

Lusi : “Ya udah kamu istirah ajah dulu biar cepet sembuh may”

Maya : “Ya Lus makasih ya Lus. Makasih juga buat kalian yang udah njenguk aku kerumah”

Gilang : “Ya sama-sama may, itung-itung kita silaturahmi kerumah kamu may”

Galih : “Udah sore nih kita pulang yuk?”

Maya : “Kok cepet-cepet pulang si”

Ratna : “Udah sore maya, besok-besok kita main kesini lagi. Cepet sembuh ya maya”

Maya : “Ya udah ga papa. Tapi sekali lagi makasih ya temen-temen kalian udah mau njenguk aku. Kalian pulangnya hati-hati ya”

Semua : “Ya sama-sama maya”

(Mereka pun keluar dari kamar maya dan tiba-tiba berpapasan dengan ibu maya)

Ibu Maya : “Loh kalian mau kemana?”

Lusi : “Kami pamit ya bu mau pulang, ini ada sedikit jajan buat ratna buk”

Ratna : “Dan ini ada sedikit uang buat ibu,buat maya berobat”

Ibu Maya : “Terimakasih nak, kalian memang benar-benar sahabat maya yang baik. Sekali lagi terimakasih ya nak”

Ratna : “Iyya bu sama-sama. Semoga maya lekas sembuh ya bu, dan bisa berkumpul bersama kami-kami lagi”

Ibu Maya : “Ya nak aminn. Oya diminum dulu tehnya, ibu udah buat kalian minuman masa ngga di minum sama kalian”

Galih : “Ya bu tenang ajah saya minum kok”

Rara : “Dasar galih minuman ajah mau apa lagi makanan hehe..” (sambil ketawa)

Galih : (Galih hanya tersenyum )

Gilang : “Sekalian ajah tuh piringnya di habisin lih”

Galih : “Apaan si kamu lang aku malu tau. Hehe”

(Waktu pun sudah sore mereka berpamitan)

Ratna : “Ya sudah bu, kami mau berpamitan mau pulang dulu bu”

Ibu Maya : “Ya nak sekali lagi terimakasih ya na”

Semua : “Ya bu sama-sama.”

Ibu Maya : “Kalian hati-hati dijalan ya nak”

Semua : “Ya bu, Assalamu’alaikum”

Ibu Maya : “Wa’alaikum sallam”



ADEGAN IV



(Ke esokan harinya Ratna pun menemui Silvi kebetulan mereka pun bertemu di depan TU sekolah)

Ratna : “Silvi tunggu” (Sambil meraih tangan Silvi)

Silvi : “Lepasin ngga tangan aku na !”

Ratna : “Oke aku mau nglepasin tangan kamu, asal kamu mau bicara sama aku” (Sambil melepaskan tangan Silvi)

Silvi : “Mau ngomong apa?”

Ratna : “Kamu kenapa si? Akhir-akhir ini sikap kamu tuh aneh?”

Silvi : “Emang kenapa kalo sikap aku aneh, toh juga bukan urusan kamu !”

Ratna : “Kalo kamu ada masalah cerita ke aku silvi, siapa tau aku bisa bantu kamu. Kamu kan sahabat aku silvi kalo ada apa-apa cerita saja”

Silvi : “Bukan urusan kamu !”

(Silvi pun meninggalkan Ratna)

Ratna : “Kamu mau kemana silvi”

(Silvi pun tetap pergi dan tiba-tiba Lusi dan Rara pun bertemu Ratna)

Lusi : “Kamu kok sendirian na?”

Ratna : “Barusan aku abis ngobrol sama silvi, tapi si silvi ngga mau cerita apa-apa ke aku. Malah aku yang di bentak-bentak sama si silvi”

Lusi : “Ya udah biarin ajah na, nanti kalo dia kesepian dan butuh temen pasti dia nemuin kita kok na, dia kan ngga pernah berani sendirian”

Ratna : “Iya Lus, semoga ajah sikap dia ngga seperti itu terus. Kamu kenapa ra? Kok kaya ada yang di sembunyiin?”

Rara : “Ngga papa kok na.”

Ratna : “Aku tau kamu ra, bagaimana kamu bohong dan bagaimana kamu jujur. Pasti ada yang disembunyiin dari kita? Ada apa cerita ajah ra?”

Rara : “Se..se…see…sebenarnya”

Ratna&Lusi : “Sebenarnya kenapa ra?”

Rara : “Sebenarnya silvi sedang ada masalah dengan orang tuanya, usaha orang tuanya bangkrut,selain itu sehari-harinya orang tuanya silvi bertengkar. Silvi takut kalo sampe-sampe orang tuanya cerai, makanya kemarahannya dia, dia lontarkan ke kalian semua. Dia takut kalo dia bakal di jauhi sama teman-temannya”

Ratna&Lusi : (Ratna dan Lusi pun kaget mendengar cerita dari rara)

Ratna : “Kenapa kamu ngga cerita ajah dari kemarin ra?”

Rara : “Aku takut na kalo sampe silvi marah ke aku, kamu tau sendiri kan kalo silvi lagi marah”

Lusi : “Kaya monster” (sewot Lusi)

Ratna : “Lusi kamu ngga boleh ngomong kaya gitu”

Lusi : “Abis dia nyebelin banget si na, kita ngga tau apa-apa tiba-tiba kita dibentak-bentak sama Silvi”

Ratna : “Aku kan kemaren bilang sama kamu Lus, mungkin dia sedang ada masalah. Sebenci-bencinya kamu terhadap Silvi dia tetep sahabat kita lus.”

Lusi : “Ya si may”

Ratna : “Ya udah nanti sepulang sekolah kita temuin si Silvi bareng-bareng”

Rara : “Tapi kamu jangan bilang kalo aku yang ngomong tentang orang tuanya ke kamu ya na?”

Ratna : “Ya ra tenang ajah”

(Tiba-tiba bel masuk berbunyi)

(tettt….tettt…tettt…tettt..)

Ratna : “Ehh udah bel masuk tuh, kita masuk kelas yuk”

Rara&Lusi : “Ayukk…”



ADEGAN V



(Bel pulang sekolah pun berbunyi)

(tettt…tett…tet…tettt…)

Lusi : “Gimana rat jadi nemuin Silvi?”

Ratna : “Jadi kok lus, temenin yuk”

Lusi : “Ayukk na”

Rara : “Aku ngga ikut ya na”

Ratna : “Kenapa kamu ngga ikut ra?”

Rara : “Aku takut sama silvi na”

Ratna : “Ngga usah takut ra, tenang ajah ada aku sama lusi inih ra?”

Rara : “Maaf banget na aku tetep ngga bisa ikut soalnya aku harus pulang”

Ratna : “Ya udah kamu pulang ajah ga papa kok, hati-hati dijalan ya ra”

Rara : “Ya na, makasih ya na”

Ratna : “Ya, Ra”

(Ratna dan Lusi pun menemui silvi ke kelas silvi, kebetulan silvi masih di kelas)

Ratna : “Lusi kamu belum pulang?”

Silvi : “Belum”

Ratna : “Aku boleh duduk di samping kamu ngga sil?”

Silvi : “Boleh”

Ratna : “Silvi aku boleh nanya ngga ke kamu?”

Silvi : “Tanya apa lagi si na?”

Ratna : “Kamu kenapa? Kok akhir-akhir ini kamu marah-marah terus ke kita-kita?”

Silvi : “Pengen ajah”

Ratna : “Kamu ada masalah?”

Silvi : (silvi pun terdiam dan mengeluarkan air mata)

Ratna : “Menangislah silvi kalo memang itu membuat hatimu lega”

Silvi : (Silvi memeluk ratna dan ingin bercerita ke ratna)

Ratna : “Kalau udah lega berceritalah silvi, aku sahabatmu, lusi sahabatmu,maya sahabatmu, rara sahabatmu, gilang sahabatmu, galih pun sahabatmu. Semua sahabatmu silvi, kita pun menyayangimu silvi. Apa yang kamu rasakan sekarang silvi? Aku sama lusi siap kok denger cerita dari kamu”

Silvi : “Ratna maafin aku akhir-akhir ini aku sering marah-marah ke kamu, sering bentak-bentakin ke kamu, dan aku juga minta maaf ke kamu lusi kemarin-kemarin hampir nampar kamu.” (silvi pun menangis)

Ratna : “Ya ngga papa kok silvi, aku tau sikap kamu seperti itu karna kamu sedang ada masalah”

Lusi : “Ya aku maafin”

Silvi : “Aku boleh cerita ngga sama kamu na?”

Ratna : “Boleh kok silvi, boleh banget”

Silvi : “Makasih ya na, sebenarnya aku sedang ada masalah dengan kedua orang tuaku na, orang tuaku setiap hari bertengkar gara-gara usaha ayahku bangkrut na, kamu tau sendiri kan ibuku kalo marah seperti apa na? apa lagi ayahku orangnya keras. Semenjak ayahku usahanya bangkrut ibuku sering pergi na, sering keluar malem entah kemana, dan ayahku juga sering pergi kadang-kadang jarang pulang na, Ngga pernah ada yang namanya keharmonisan dalam keluargaku na, aku ngga tahan mendengar sikap kedua orangtuaku sekarang na, aku bingung na, aku bingung. Aku ngga pernah diperhatikan na sama ayah dan ibuku. Aku harusa gimana na, menghadapi sikap orang tuaku yang sekarang ini?”

(Ratna diam sejenak. Dalam hati ratna, ratna pun merasa sedih dan ingin sekali menangis mendengar cerita dari silvi. Ratna merasa beruntung karna mempunyai keluarga yang sederhana tetapi mempunyai orang tua yang sangat baik terhadap ratna dan kasih sayang yang penuh untuk ratna)

Ratna : “Kamu yang sabar ya sil, aku prihatin dengan keadaan keluarga kamu. Mungkin mereka sedang bingung dengan keadaan mereka masing-masing sil. Banyak-banyaklah berdo’a untuk orang tua kamu sil, do’akan yang terbaik untuk mereka sil. Semoga ajah orang tua kamu kembali seperti dulu yang kamu harapin. Kalo ayah dan ibu kamu dirumah ajak mereka liburan atau setidaknya kamu ajak mereka nonton TV sambil mengobrol, syukur-syukur ajak mereka salat berjama’ah sil. Insya allah sedikit demi sedikit mereka akan berubah seperti yang kamu harapin sil”

Lusi : “Benar kata ratna sil, jalan satu-satunya menenangkan hati manusia adalah salat”

Silvi : “Makasih ya ratna, Lusi. Kalian emang bener-bener sahabat yang paling baik, aku beruntung punya sahabat seperti kalian”

Ratna : “Itulah apa arti sahabat yang sebenarnya sil, disaat sahabat kita sedang sedih kita harus ada di sampingnya dan mendukungnya agar bangkit kembali dan……..…….”

(Waktu ratna sedang berbicara Lusi pun memotong pembicaraan ratna,agar suasana lebih tenang)

Lusi : “Dan jika sahabat kita sudah tidak sedih lagi maka sahabat yang habis nangis traktirin jajan dong. Hehehe….”

(Silvi pun tersenyum karna dihibur sama Ratna dan Lusi)

Silvi : “Ya deh.. karna kalian udah menghibur aku. Aku jajanin dehh, oya ngomong-ngomong Rara,Gilang, Galih kemana? Kok ngga ikut kalian”

Ratna : “Mereka udah pulang sil, katanya ada acara”

Silvi : “Ohh gitu, apa mereka marah ke aku na, gara-gara soal kemaren?”

Ratna : “Ngga kok sil, Gilang sama Galih biasa ada acara sendiri, rara juga katanya mau bantu ibunya dirumah. Oya kemaren maya titip salam buat kamu”

Silvi : “Ya syukur deh kalo emang mereka semua ngga marah ke aku” (Silvi merasa lega dan tersenyum)

Lusi : “Nah gitu dong senyum jangan marah-marah mulu, kan dilihat nyenengin.”

Ratna : “Makanya kalo ada apa-apa cerita ke kita sil, jangan di pendem sendiri”

Silvi : “Ya na, makasih ya na, kamu udah mau ndengerin ceritaku”

Ratna : “Ya sama-sama sil”

Lusi : “Sama aku ngga terimakasih nih?”

Silvi : “Ya deh, makasih ya Lusi kamu sama ratna udah mau ndengerin ceritaku”

Lusi : “Sama-sama Silvi. Ya udah yuk.. katanya mau dijajanin, sekalian kita pulang”

Ratna : “Ya udah yuk, juga udah sore nih”

Silvi : “Ya udah ayoo”



(Akhirnya merekapun pulang sekolah dengan membawa senyuman bahagia, mereka adalah sahabat yang tidak pernah putus. Dan berkat solusi Ratna dan Lusi akhirnya keluarga Silvi pun kembali seperti apa yang diharapkan Silvi. Dan akhirnya Maya pun sembuh dari penyakitnya, selama 1 bulan maya tidak masuk sekolah karna sakit yang ia derita, tapi karna sahabat-sahabatnya yang selalu menyemangati maya dan mayapun berusaha melawan penyakit yang ia derita,akhirnya maya pun kembali bersekolah dengan bahagia.)



ITULAH PENTINGNYA MEMILIKI KEPEDULIAN TINGGI TERHADAP SESAMA SAHABAT, TERMASUK KETIKA SAHABAT KITA SEDANG SAKIT DAN DISAAT SAHABAT KITA YANG SEDANG MEMBUTUHKAN KITA UNTUK ADA DISAMPINGNYA DAN KITA DIMINTA UNTUK MENJADI SANDARAN MEREKA.







THE END

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment