Contoh Proposal Usaha Donat



BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Semakin banyaknya produsen yang menjual makanan kecil dengan berbagai macam varian rasa ,membuat saya tertarik untuk menekuni usaha donat yang berbeda dengan yang lain ,yaitu “Donat Ubi” . Donat Ubi merupakan donat yang berbahan dasar tepung terigu dan ubi sebagai bahan kedua pengganti kentang.  Ubi jalar bisa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan donat karena ia memiliki tekstur yang lembut dan memiliki kandungan gizi yang lumayan banyak.Selain menambah variasi,donat ubi juga dapat menambah asupan gizi ,terutama bagi penderita diabetes.
Ubi jalar aman dikonsumsi oleh hampir semua usia ,mulai anak-anak hingga dewasa ,karena ubi jalar memiliki kandungan Vitamin C ,Vitamin B ,Fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi
Selain itu ubi juga memiliki warna yang bervariasi ,yaitu ungu ,kuning ,dan putih .Warna-warna tersebut akan menambah daya tarik konsumen untuk  mencoba dan membeli donat ubi ini . Bahkan makanan ini merupakan salah satu makanan terbaik yang dianjurkan untuk ibu hamil.
Jadi ,donat ubi jalar tidak hanya enak tetapi juga baik untuk dikonsumsi dan menyehatkan. Usaha donat ubi sangat cocok bagi wirausaha pemula yang ingin mencoba berwirausaha tanpa menggunakan modal besar ,karena bahan-bahan donat ubi relatif murah dan mudah ditemukan ,serta tidak membutuhkan peralatan yang banyak .
Tujuan pembuatan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Bisnis ,serta untuk membuka wawasan tentang seluk beluk dunia usaha dan bagaimana proses-proses untuk memulai berwirausaha.
BAB II
Keadaan Umum Perusahaan
Gambaran Umum
  Usaha Donat Ubi merupakan salah satu bisnis rumahan yang  patut untuk ditekuni agar bisa lebih maju kedepannya dan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat luas.
Jenis Usaha
  Produk yang saya jual saat ini adalah berupa makanan ringan. Tanpa mengesampingkan kualitas produk tersebut .Donat ini berbahan dasar tepung dan ubi ,jadi sehat untuk dikonsumsi setiap saat .Untuk produk ini tidak menggunakan bahan pengawet ,jadi selain enak juga sehat untuk dikonsumsi.

Menu spesial donat ubi :
Donat Ubi dengan topping keju
Donat Ubi dengan topping meses coklat /warna-warni
Donat Ubi dengan topping Strawberry
Donat Ubi dengan topping Kacang
Rencana Lokasi usaha
Bukateja ,Klampok,Bajong ,Bojong,Kedung Menjangan
Sumber Dana :
  Dengan menggunakan modal pribadi ,jika usaha ini sudah berkembang dan memiliki pangsa pasar yang semakin banyak ,rencananya akan mengambil pinjaman dari bank.
Pemasaran :
  Untuk sasaran atau target pemasaran produk donat ubi ini adalah semua kalangan masyarakat ,anak-anak maupun dewasa .Selain itu ,lokasi rumah saya berdekatan dengan pasar , jadi donat ini dapat dititipkan pada penjual-penjual yang ada dipasar .Kemudian untuk proses pemasarannya sendiri melalui brosur-brosur ,social media ,dan blog-blog gratis yang tersedia di internet. Dengan demikian ,saya yakin bahwa prospek pemasaran produk saya akan lebih mudah .
BAB III
ASPEK PRODUKSI
Proses produksi :
Untuk proses pembuatan cukup mudah,dan bisa menggunakan peralatan yang sudah ada dirumah : baskom,wajan ,serok ,dll.Tidak ada pengeluaran untuk sewa tempat ,karena pemasaran tidak menggunakan outlet tetapi hanya dititipkam dan pemesananan secara online ,lebih praktis dan menghemat biaya.
Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya :
Bahan Donat Ubi:
·  400 gr ubi, kupas, kukus, haluskan
·  400 gr tepung terigu protein tinggi/hard wheat, cap cakra
·  2 butir telur ayam
·  11 gr ragi instan
·  100 gr margarin
·  10 gr baking powder
·  100 gr gula halus
·   50 gr susu bubuk
·   150-200 ml air (perhatikan tekstur adonan)
·   ½ sdt garam halus
·   Gula halus untuk taburan

Cara Membuat Donat Ubi :

1.  Campur ubi yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula halus, baking powder, ragi instan, garam dan      susu bubuk. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni.
2.  Tambahkan margarin, uleni hingga kalis dan terbentuk adonan yang transparan. Bulatkan adonan, biarkan mengembang 60 menit.
3.  Potong dan timbang adonan masing-masing 50 gr. Bulatkan dan biarkan mengembang lagi 30 menit.
4.  Kempiskan masing-masing bulatan dan bentuk kembali menjadi bola-bola. Lubangi tengahnya dengan jari, diamkan lagi selama 20 menit.
5. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng donat hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.
6.  Sajikan donat dengan taburan gula halus, mises, keju, kacang, iching sugar atau sesuai selera.
Analisis Keuangan & Penjualan
Rincian Pembelanjaan Bahan
Terigu 4 kg
Rp 28.000
Telur 1,5kg
Rp 13.500
Margarin 1kg
Rp 12.000
Keju
Rp.13.000
Coklat Mesis
Rp.7.000
Selai Strawberry
Rp.7.000
Gula 1kg
Rp.12.000
Minyak Goreng  1liter
Rp 13.000
Pengembang Kue
Rp 4.000
Ubi Ungu 1 kg
Rp.7.000
Jumlah
Rp 116.500

Untuk semua bahan tersebut bisa mengasilakan kurang lebih 45 donat.
Harga donat @1,500 x 180 =Rp 270.000
Total Keuntungan per hari :  Rp 270.000-Rp 116.500=Rp 153.500
EVALUASI USAHA :
·Strength (Kekuatan) : 
   - Harga produk terjangkau.
   - Inovasi rasa yang berbeda dengan produk lainnya.
   · Weakness (Kelemahan) :
   - Kurangnya modal dalam menjalankan bisnis ini.
   - Harga bahan baku yang tidak stabil.
·Opportunity (Peluang)  :
   - Budaya masyarakat yang konsumtif.
   - Area rumah yang strategis.

·Threat (Hambatan) :
  -  Belum memiliki outlet untuk penjualan secara langsung ,jadi masih dititipkan kepada penjual –penjual dipasar maupun sekolah –sekolah.
  - Banyak kompetitor dalam bidang yang sama.

PENUTUP
KESIMPULAN :
Memulai usaha tidak harus memiliki modal besar , modal sedikitpun bisa ,tinggal bagaimana orang tersebut mampu memanage uang ,sehingga dapat membuka usaha . Maju atau mundurnya usaha ,itu hal biasa dalam berwirausaha ,jika ditekuni maka usaha akan tetap berdiri dan semakin maju.

Comments

Post a Comment

Popular Posts