Macam - macam ancaman pada jaringan komputer beserta pengertiannya

1. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

2. Spyware adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

3. Worm adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer.

4. Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard.

5. Adware adalah sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet.

6. Rootkit adalah kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi.

7. Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara terus-menerus tanpa dikehendaki oleh penerimanya
 
8. Backdoor merupakan mekanisme yang dapat digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan, selain dari mekanisme yang umum digunakan (melalui proses logon atau proses autentikasi lainnya)

9. Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

10. Trojan Horse adalah keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan.

Comments

Post a Comment

Popular Posts