Peralatan Input (Input Device)



Berfungsi untuk memasukan data dan program yang akan diproses di dalam komputer untuk menghasilkan informasi yang diperlukan.

Peralatan Input terdiri atas beberapa macam, seperti:

a. Keyboard

Berfungsi memasukan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media untuk melakukan perintah-perintah, seperti menyimpan file, dan membuka file.

b. Mouse

Berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Juga lebih praktis dan cepat dibandingkan dengan Keyboard.

c. Scanner

Berfungsi untuk menyalin gambar atau teks yang hasilnya dapat langsung ditampilkan melalui monitor komputer dan disimpan ke dalam memori komputer.

d. Microphone dan Headphone

Berfungsi untuk memasukan atau merekam suara yang dapat disimpan di memori komputer.



2.Peralatan Proses ( Process Device )



CPU ( Central Processing Unit )

Berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu:

a. CU ( Control Unit )

Bertugas untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, mengambil instruksi-instruksi dari memori utama, mengambil data dari memori utama untuk diproses, mengirim instruksi ke ALU ( Arithmetic and Logic Unit ) bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, mengawasi kerja ALU, serta menyimpan hasil proses ke memori utama.

b. ALU ( Arithmetic and Logic Unit )

Bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika, dan melakukan keputusan dari operasi logika yang sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut Adder.

3.Unit Penyimpanan Cadangan ( Backing Storage )



Ada dua jenis utama unit penyimpanan cadangan, yaitu:

a. Serial Acsess: Tape Drive

b. Direct Acsess: Hard Disk, Floppy Disk



Periferal Komputer



Perangkat Keras ( Hardware )

1. Periferal Utama ( Main Peripheral ) : Peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh: Monitor, Keyboard, Mouse

2. Periferal Pendukung ( Auxillary Peripheral ) : Peralatan yang diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contoh: Printer, Scanner, Modem, dll.



4.Output



Perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar, hasil cetak, suara, dll.

Peralatan Output terdiri atas beberapa macam, seperti:






a. Monitor

Merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Tampilan di layar monitor di ukur dengan satuan pixel.

b Printer

Digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, maupun gambar.





c. Speaker

Merupakan perangkat keluaran yang menghasilkan suara, dimana sebelumnya telah diolah dalam kartu suara (sound card)



Comments

Popular Posts