Pengertian Hub,Router, Switch, Bridge(Jembatan)



1. Hub

Hub berfungsi sebagai perangkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubung ke seluruh komputer dalam jaringan tsb. Hub berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.

Hub ada dua:

      1. Hub aktif, berfungsi sbg penghubung jalur,penguat sinyal dalam jaringan

      2. Hub pasif,berfungsi sbg pemisah atau pembagi jaringan



Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing Port. Ketika hanya satu pc yang menggunakan maka akses bandwidth akan maksimal. Jika beberapa pc beroperasi maka bandwidth akan dibagi kesemua pc, sehingga akan menurunkan kinerja jaringan.

Pada topologi bus perangkat yang digunakan untuk memperkuat sinyal disebut repeater (pengulang).

2. Switch

Switch lebih cerdas dibandingkan Hub. Switch melanjutkan paket data hanya ke Port penerima yang dituju. Tapi sebenarnya switch memiliki salah satu keunggulan yaitu dapat mencegah terjadinya Collision (Tabrakan). Switch melanjutkan paket data hanya ke Port penerima yang dituju, switch dapat mencegah Collision (Tabrakan data). Karena switch memberikan jalur pada masing – masing Port yang bersangkutan. Jadi switch merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa anode dan berfungsi sebagai pencegah Collision dengan cara memberi jalur pada masing – masing Port.

Cara kerja switch ada dua:

      1. Cut Trough: memiliki kelebihan disisi kecepatan karena switch hanya memperhatikan alamat             tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya.

     2. Switch Store And Forward : switch ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket dan                      memeriksa paket tersebut sebelum meneruskan ke tujuannya, untuk mengetahui adanya                        kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak menggaggu jaringan.

3.Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan dengan sebuah proses yang disebut routing. Proses routing terjadi pada lapisan ke 3 (Lapisan jaringan seperti IP).

Router merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protokol kepada anggota jaringan yang lainnya.

Cara kerja router:

Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan Bridge . perbedaannya router merupakan penyaring atau filter lalulintas data dengan menggunakan protokol tertentu. Router bekerja pada lapisan fisik,datalink, dan Networks layer.

4. Bridge (jembatan)



Adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan terpisah(baik tipe jaringan sama maupun berbeda). Ketika menerima sebuah paket Bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama paket akan ditolak, jika segmennya berbeda paket diteruskan ke segmen tujuan. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak agar tidak menyebab keluar dari satu segmen.

Comments

Popular Posts